Makalah Komunikasi massa

 

  Makalah
 Bentuk, fungsi dan proses komunikasi massa

Di susun untuk memenuhi mata kuliah “Komunikasi Massa ”

Dosen Pengampu : Alim Puspianto M.Kom.I

  



Penyusun :

M.Muadz

Khusman Nasir

 

 

JURUSAN DAKWAH
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM LUQMAN AL-HAKIM
PESANTREN HIDAYATULLAH SURABAYA
2021





DAFTAR ISI        

 

DAFTAR ISI. 2

KATA PENGANTAR.. 3

BAB I PENDAHULUAN.. 4

A.    Latar belakang. 4

BAB II PEMBAHASAN.. 4

B.     Fungsi Komunikasi Massa Bagi Individu. 4

C.    Fungsi komunikasi massa secara umum menurut Onong Uchayana Effendi 7

BAB III PENUTUP. 8

A.    Kesimpulan. 8

DAFTAR PUSTAKA.. 9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Allah yang Maha Esa atas segala limpahan taufik dan hidayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah Komunikasi Massa, tentang Fungsi Komunikasi Massa ini, dalam bentuk maupun isinya yang sederhana. Semoga makalah ini dapat digunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi kita semua, dalam memahami serta mengetahui tentang fungsi komunikasi massa.

Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas terstruktur yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah komunikasi massa tersebut. Harapan kami semoga makalah yang telah kami buat  ini dapat memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen komunikasi massa serta dapat menambah pengetahuan bagi kita semua.

Makalah  ini kami akui masih banyak kekurangannya, karena pengalaman dan pengetahuan yang kami miliki masih kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

 

 Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

Dalam garis besarnya, fungsi komunikasi massa di kelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu fungsi bagi kehidupan sosial masyarakat (societal function) dan fungsi bagi individu (individual function). Kedua fungsi tersebut terjabarkan di dalam proses pengolahan, pengiriman dan penerimaan isi pesan media massa. Jika fungsi sosial lebih merujuk kepada khalayak (masayarakat umum), sedangkan fungsi individu merujuk kepada individu-individu secara khusus.

Para pakar mengemukakan tentang sejumlah fungsi komunikasi, kendati dalam setiap item fungsi terdapat persamaan dan perbedaan. Pembahasan fungsi komunikasi telah menjadi diskusi yang sangat penting, terutama konsekuensi komunikasi melalui media massa.

B.     Rumusan masalah

1.      Apa-apa saja yang termasuk kedalam fungsi komunikasi massa?

2.      Bagaimana penjelasan dari masing-masing fungsi tersebut?

3.      Apa saja efek yang dihasilkan dari fungsi tersebut?

C.     Tujuan

Supaya kita semua lebih memahami dan mengerti lebih jauh tentang fungsi-fungsi dari komunikasi massa. Selain itu, agar membuka wawasan berfikir kita tentang komunikasi massa yang sudah kian maraknya diranah komunikasi di era modern ini.

 

 

 

BAB II PEMBAHASAN

B.     Fungsi Komunikasi Massa Bagi Individu

 

1.     Fungsi dari informasi adalah

a.      Menjadi sumber pengetahuan baru.

Informasi menyediakan peristiwa dan kondisi dalam masyarakat tertentu, menunjukkan hubungan kekuasaan, serta memudahkan berbagai macam informasi dengan begitu masyarakat umum dapat memperoleh informasi yang berkaitan dengan kebutuhan dan kepentingannya, dan sebagai sumber pengetahuan baru.

b.     Sebagai hiburan.

Media elektronik memiliki posisi paling tinggi dalam memberi hiburan di bandingkan dengan fungi lainnya. Umumnya, masyarakat menggunakan televise sebagai hiburan. Sedangkan, media cetak menemoatkan informasi pada posisi teratas. Meskipun begitu, kedua media informasi tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai hiburan.

Tujuan fungsi hiburan sendiri bisa beragam seperti menyediakan hiburan untuk mengalihkan perhatian sarana relaksasi serta meredakan ketegangan sosisal bagi masyarakat. Sementara itu, hiburan juga sebagai sarana untuk melepaskan beban atau permaslahan hidup sebagai setiap individu.

c.      Mempengaruhi

Fungsi informasi selanjutnya ialah untuk mempengaruhi khalayak. Banyak masyarakat yang terpengaruh oleh informasi yang diberikan media massa, baik artikel maupun artikel-artikel maupun iklan yang sering di tayangkan. Menurut De vito, fungsi mempengaruhi di anggap paling penting dalam komunikasi massa.

Disamping itu, fungsi mempengaruhi sendiri bisa muncul dari berbagai bentuk yakni memperkenalkan etika, menggerakkan seseorang, mengubah sikap, serta memperkuat sikap, dengan begitu informasi memilki peran penting dalam mengubah keadaan suatu masyarakat.

d.     Menyatukan pendapat

Di era media sosial seperti sekarang ini, sangat mudah untuk menyampaikan pendapat ke ruang public. Namun tidak semua pendapat tersebut sesuai dengan fakta yang ada.

Adanya informasi yang valid dari sumber terpercaya akan bermanfaat untuk menilai setiap pendatap yang di kemukakan di ruang public apakah sesuai dengan informasi tersebut.

2.     Proses komunikasi massa

a.      Menurut Aristoteles

Merupakan model komunikasi pertama dan merupakan model komunikasi yang diterima secara luas. Model ini memiliki 5 elemen yaitu:

1)    Speaker

2)    Speech

3)    Occasion

4)    Audience

5)    Effect

b.     Lasswell

Model ini berupa model komunikasi linear atau model komunikasi satu arah. Proses komunikasi menurut lasswell di mulai dari pengirim pesan(sender) yang menyampaikan pesan(massage) melalui media(medium) yang di terima oleh penerima pesan(receiver) yang kemudian menciptakan umpan balik(feedback) yang diberikan penerima pesan kepada pengirim pesan.

c.      Schramm

Proses komunikasi schramm dimulai dari pengirim pesan(incoder) yang mengirim pesan(massage) kepada penerima pesan(decoder) yang kemudian secara bergantian mengirim pesan kepada pengirim pesan pertama.

 

 

 

 

 

 

 

D  di era media sosial seperti sekarang ini, sangat penting yaitu :

a.       Pengawasan Atau Pencarian Informasi

Seseorang mencari informasi jika merasa tidak pasti terhadap sesuatu hal atau peristiwa. Misalnya, jika seseorang ingin mengetahui kepastian mengenai kasus Bom Bali atau kasus pembobolan Bank BNI 46, maka media massa akan menjadi sumber informasi yang dapat memberikan nilai/sumber kepastian bagi seseorang (individu).

b.      Mengembangkan Konsep Diri

Konsep diri seseorang tidaklah stagnan, melainkan orang senantiasa ingin mengembangkannya ke arah yang lebih baik. Dengan membaca surat kabar, atau menonton televisi yang berkaitan dengan pekerjaan atau hobby, maka akan memperoleh banyak pengetahuan. Dan pengetahuan tersebut dijadikan untuk mengembangkan konsep dirinya.

c.       Fasilitasi dalam Hubungan Sosial

Pengetahuan atau informasi-informasi yang diperoleh dari media massa dapat digunakan untuk berdiskusi, bertukar pikiran atau sebagai bahan pembicaraan dengan orang lain dalam hubungan sosial.

d.      Substitusi Dalam Hubungan Sosial

Ketika menjalin hubungan sosial, seseorang akan terlibat secara psikologis dan memunculkan hubungan yang akrab. Aspek-aspek psikologis yang terjadi dalam hubungan sosial sering kita dapatkan dari isi pesan media massa. Misalnya, kita larut dalam kesedihan, bahkan sampai mengeluarkan air mata ketika menyaksikan kekejaman ibu tiri dalam sinetron. Atau kita juga begitu membenci seorang tokoh dalam sinetron, seperti tokoh Malin Kundang.

e.       Membantu Melegakan Emosi

Dengan menyaksikan tayangan diskusi di media mengenai suatu masalah yang krusial dan menyangkut orang banyak akan mengurangi atau melegakan emosi. Misalnya, kita merasa lega karena pembunuh keluarga “A” dapat diidentifikasi.

f.       Pelarian Dari Ketegangan Dan Keterasingan

Jika seseorang sedang merasa tegang atau terasing, maka akan merasa tenang dan merasakan ada yang menemani jika ia menonton televisi atau menonton film.

g.      Bagian Dari Kehidupan Rutin Atau Ritualisasi

Bagi sebagian orang, membaca surat kabar di pagi hari atau menyimak liputan 6 pagi menjadi sebuah keharusan. Jika sehari saja tidak membaca surat kabar atau menyaksikan berita di televisi seakan-akan ada sesuatu yang hilang dalam rutinitasnya.

 

C.    Fungsi komunikasi massa secara umum menurut Onong Uchayana Effendi

a.       Fungsi informasi

Fungsi informasi ini diartikan bahwa media massa adalah penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau pemirsa. Berbagai informasi dibutuhkan oleh khalayak media massa yang bersangkutan sesuai dengan kepentingannya. Khalayak sebagai mahkluk sosial akan selalu merasa haus akan informasi yang terjadi.

Sebagian informasi didapat bukan dari sekolah, atau tempat bekerja, melainkan dari media. Kita belajar musik, politik, ekonomi, hukum, seni, sosiologi, psikologi, komunikasi, dan hal lain dari media. Kita belajar keterampilan menggunakan computer, memasak, menjahit dan lain sebagainya dari media. Kita mengenal tempat-tempat bersejarah yang ada di dunia juga dari media elektronik (terutama film) dan media cetak yaitu buku-buku sejarah.

Khalayak media massa berlangganan surat kabar, majalah, mendengarkan radio siaran atau menonton televisi karena merekea ingin mendapatkan informasi tentang peristiwa yang terjadi dimuka bumi, gagasan atau pikiran orang lain, apa yang dilakukan, diucapkan atau dilihat orang lain.

b.      Fungsi pendidikan

Media massa merupakan sarana pendidikan bagi khalayaknya (mass education). Karena media massa banyak menyajikan hal-hal yang sifatnya mendidik. Salah satu cara mendidik yang dilakukan media massa adalah melalui pengajaran nilai, etika, serta aturan-aturan yang berlaku kepada pemirsa atau pembaca. Media massa melakukannya melalui drama, cerita, diskusi, dan artikel.

c.       Fungsi mempengaruhi

Fungsi mempengaruhi dari media massa secara implisit terdapat pada tajuk/editorial, features, iklan, artikel, dan sebagainya. Khalayak dapat terpengaruh iklan-iklan yang ditayangkan televisi maupun surat kabar, seperti contoh berikut: keluarga petani yang hidup di desa mempunyai kebiasaan mencuci rambut dengan menggunakan air sapu merang rendaman yang telah dibakar lebih dahulu. Apa yang terjadi setelah keluarga petani tersebut memiliki pesawat televisi dan menonton tayangan iklan shampoo yang dibintangi artis favoritnya? Kebiasaan yang sudah berlangsung sejak lama, sekarang mengalami perubahan. Dari mencuci rambut dengan memakai rendaman air sapu merang dibakar diganti dengan shampoo yang ada didalam iklan ditelevisi.

 

 

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan

Fungsi dari komunikasi massa terbagi atas dua fungsi yaitu: (a). Fungsi komunikasi massa bagi masyarakat dan (b). Fungsi komunikasi massa bagi individu.

Adapun pembagian dalam fungsi komunikasi massa bagi masyarakat adalah sebagai berikut:

1.      surveillance (pengawasan)

2.      interpretation (penafsiran)

3.      linkage (pertalian)

4.      transmission of values (penyebaran nilai-nilai)

5.      entertaintment (hiburan)

sedangkan fungsi komunikasi massa bagi individu yaitu sebagai berikut:

1.      Pengawasan Atau Pencarian Informasi

2.      Mengembangkan Konsep Diri

3.      Fasilitasi dalam Hubungan Sosial

4.      Substitusi Dalam Hubungan Sosial

5.      Membantu Melegakan Emosi

6.      Pelarian Dari Ketegangan Dan Keterasingan

7.      Bagian Dari Kehidupan Rutin Atau Ritualisasi

Sedangkan secara umu fungsi komunikasi massa menurut Onong Uchayana effendi terbagi atas tiga fungsi yaitu:

1.      Fungsi informasi

2.      Fungsi pendidikan

3.      Fungsi mempengaruhi

Demikianlah penjelasan tentang fungsi-fungsi dari komunikasi massa menurut para ahli ilmu komunikasi.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Elvinaro Ardianto, lukiati komala, siti karlina (Eds). 2007. Komunikasi massa suatu pengantar. Simbiosa Rekatama Media: Bandung

Nurudin. 2007. Pengantar komunikasi massa. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta

Heru P. Winarso. 2005. Sosiologi komunikasi massa. Prestasi Pusaka: Jakarta

https://operadewa.wordpress.com/2012/03/12/fungsi-komunikasi-massa/

https://dadananugrah.wordpress.com/2009/03/28/fungsi-komunikasi-massa/

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah tafsir dakwah