Makalah Komunikasi massa
Makalah
Bentuk, fungsi dan proses komunikasi massa
Di susun untuk memenuhi mata kuliah “Komunikasi Massa ”
Dosen Pengampu : Alim Puspianto M.Kom.I
Penyusun :
M.Muadz
Khusman Nasir
JURUSAN DAKWAH
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM LUQMAN AL-HAKIM
PESANTREN HIDAYATULLAH SURABAYA
2021
DAFTAR
ISI
B. Fungsi Komunikasi
Massa Bagi Individu
C. Fungsi komunikasi massa
secara umum menurut Onong Uchayana Effendi
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah yang Maha Esa atas
segala limpahan taufik dan hidayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan
penyusunan makalah Komunikasi Massa, tentang Fungsi Komunikasi Massa ini, dalam
bentuk maupun isinya yang sederhana. Semoga makalah ini dapat digunakan sebagai
salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi kita semua, dalam memahami serta
mengetahui tentang fungsi komunikasi massa.
Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas
terstruktur yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah komunikasi massa
tersebut. Harapan kami semoga makalah yang telah kami buat ini dapat
memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen komunikasi massa serta dapat
menambah pengetahuan bagi kita semua.
Makalah ini kami akui masih banyak
kekurangannya, karena pengalaman dan pengetahuan yang kami miliki masih kurang.
Oleh karena itu kami harapkan kepada pembaca untuk memberikan masukan-masukan
yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Penyusun
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Dalam garis besarnya, fungsi komunikasi massa
di kelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu fungsi bagi kehidupan sosial
masyarakat (societal
function) dan fungsi bagi individu (individual function). Kedua fungsi tersebut terjabarkan di dalam
proses pengolahan, pengiriman dan penerimaan isi pesan media massa. Jika fungsi
sosial lebih merujuk kepada khalayak (masayarakat umum), sedangkan fungsi
individu merujuk kepada individu-individu secara khusus.
Para pakar mengemukakan tentang sejumlah
fungsi komunikasi, kendati dalam setiap item fungsi terdapat persamaan dan
perbedaan. Pembahasan fungsi komunikasi telah menjadi diskusi yang sangat
penting, terutama konsekuensi komunikasi melalui media massa.
B. Rumusan masalah
1. Apa-apa
saja yang termasuk kedalam fungsi komunikasi massa?
2. Bagaimana
penjelasan dari masing-masing fungsi tersebut?
3. Apa saja
efek yang dihasilkan dari fungsi tersebut?
C. Tujuan
Supaya kita semua lebih memahami dan mengerti
lebih jauh tentang fungsi-fungsi dari komunikasi massa. Selain itu, agar
membuka wawasan berfikir kita tentang komunikasi massa yang sudah kian maraknya
diranah komunikasi di era modern ini.
BAB
II PEMBAHASAN
B. Fungsi
Komunikasi Massa Bagi Individu
1.
Fungsi
dari informasi adalah
a.
Menjadi
sumber pengetahuan baru.
Informasi
menyediakan peristiwa dan kondisi dalam masyarakat tertentu, menunjukkan
hubungan kekuasaan, serta memudahkan berbagai macam informasi dengan begitu
masyarakat umum dapat memperoleh informasi yang berkaitan dengan kebutuhan dan
kepentingannya, dan sebagai sumber pengetahuan baru.
b.
Sebagai
hiburan.
Media
elektronik memiliki posisi paling tinggi dalam memberi hiburan di bandingkan
dengan fungi lainnya. Umumnya, masyarakat menggunakan televise sebagai hiburan.
Sedangkan, media cetak menemoatkan informasi pada posisi teratas. Meskipun
begitu, kedua media informasi tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai
hiburan.
Tujuan fungsi
hiburan sendiri bisa beragam seperti menyediakan hiburan untuk mengalihkan
perhatian sarana relaksasi serta meredakan ketegangan sosisal bagi masyarakat.
Sementara itu, hiburan juga sebagai sarana untuk melepaskan beban atau
permaslahan hidup sebagai setiap individu.
c.
Mempengaruhi
Fungsi
informasi selanjutnya ialah untuk mempengaruhi khalayak. Banyak masyarakat yang
terpengaruh oleh informasi yang diberikan media massa, baik artikel maupun
artikel-artikel maupun iklan yang sering di tayangkan. Menurut De vito, fungsi
mempengaruhi di anggap paling penting dalam komunikasi massa.
Disamping itu,
fungsi mempengaruhi sendiri bisa muncul dari berbagai bentuk yakni
memperkenalkan etika, menggerakkan seseorang, mengubah sikap, serta memperkuat
sikap, dengan begitu informasi memilki peran penting dalam mengubah keadaan suatu
masyarakat.
d.
Menyatukan
pendapat
Di era media sosial seperti sekarang ini, sangat mudah untuk
menyampaikan pendapat ke ruang public. Namun tidak semua pendapat tersebut
sesuai dengan fakta yang ada.
Adanya informasi yang valid dari sumber terpercaya akan bermanfaat
untuk menilai setiap pendatap yang di kemukakan di ruang public apakah sesuai
dengan informasi tersebut.
2.
Proses
komunikasi massa
a.
Menurut
Aristoteles
Merupakan model komunikasi pertama dan merupakan model komunikasi
yang diterima secara luas. Model ini memiliki 5 elemen yaitu:
1)
Speaker
2)
Speech
3)
Occasion
4)
Audience
5)
Effect
b.
Lasswell
Model ini berupa model komunikasi linear atau model komunikasi satu
arah. Proses komunikasi menurut lasswell di mulai dari pengirim pesan(sender)
yang menyampaikan pesan(massage) melalui media(medium) yang di terima oleh
penerima pesan(receiver) yang kemudian menciptakan umpan balik(feedback) yang
diberikan penerima pesan kepada pengirim pesan.
c.
Schramm
Proses komunikasi schramm dimulai dari pengirim pesan(incoder) yang
mengirim pesan(massage) kepada penerima pesan(decoder) yang kemudian secara
bergantian mengirim pesan kepada pengirim pesan pertama.
D di era media
sosial seperti sekarang ini, sangat penting yaitu :
a. Pengawasan
Atau Pencarian Informasi
Seseorang mencari
informasi jika merasa tidak pasti terhadap sesuatu hal atau peristiwa.
Misalnya, jika seseorang ingin mengetahui kepastian mengenai kasus Bom Bali
atau kasus pembobolan Bank BNI 46, maka media massa akan menjadi sumber
informasi yang dapat memberikan nilai/sumber kepastian bagi seseorang
(individu).
b. Mengembangkan
Konsep Diri
Konsep diri seseorang tidaklah stagnan,
melainkan orang senantiasa ingin mengembangkannya ke arah yang lebih baik. Dengan
membaca surat kabar, atau menonton televisi yang berkaitan dengan pekerjaan
atau hobby, maka akan memperoleh banyak pengetahuan. Dan pengetahuan tersebut
dijadikan untuk mengembangkan konsep dirinya.
c. Fasilitasi
dalam Hubungan Sosial
Pengetahuan atau informasi-informasi yang
diperoleh dari media massa dapat digunakan untuk berdiskusi, bertukar pikiran
atau sebagai bahan pembicaraan dengan orang lain dalam hubungan sosial.
d. Substitusi
Dalam Hubungan Sosial
Ketika menjalin hubungan sosial, seseorang
akan terlibat secara psikologis dan memunculkan hubungan yang akrab.
Aspek-aspek psikologis yang terjadi dalam hubungan sosial sering kita dapatkan
dari isi pesan media massa. Misalnya, kita larut dalam kesedihan, bahkan sampai
mengeluarkan air mata ketika menyaksikan kekejaman ibu tiri dalam sinetron.
Atau kita juga begitu membenci seorang tokoh dalam sinetron, seperti tokoh
Malin Kundang.
e. Membantu
Melegakan Emosi
Dengan menyaksikan tayangan diskusi di media
mengenai suatu masalah yang krusial dan menyangkut orang banyak akan mengurangi
atau melegakan emosi. Misalnya,
kita merasa lega karena pembunuh keluarga “A” dapat diidentifikasi.
f. Pelarian
Dari Ketegangan Dan Keterasingan
Jika seseorang sedang merasa tegang atau
terasing, maka akan merasa tenang dan merasakan ada yang menemani jika ia
menonton televisi atau menonton film.
g. Bagian Dari Kehidupan Rutin Atau Ritualisasi
Bagi sebagian orang,
membaca surat kabar di pagi hari atau menyimak liputan 6 pagi menjadi sebuah
keharusan. Jika sehari saja tidak membaca surat kabar atau menyaksikan berita
di televisi seakan-akan ada sesuatu yang hilang dalam rutinitasnya.
C. Fungsi
komunikasi massa secara umum menurut Onong Uchayana Effendi
a. Fungsi
informasi
Fungsi informasi ini diartikan bahwa media
massa adalah penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau pemirsa. Berbagai
informasi dibutuhkan oleh khalayak media massa yang bersangkutan sesuai dengan
kepentingannya. Khalayak sebagai mahkluk sosial akan selalu merasa haus akan
informasi yang terjadi.
Sebagian informasi didapat bukan dari sekolah,
atau tempat bekerja, melainkan dari media. Kita belajar musik, politik,
ekonomi, hukum, seni, sosiologi, psikologi, komunikasi, dan hal lain dari
media. Kita belajar keterampilan menggunakan computer, memasak, menjahit dan
lain sebagainya dari media. Kita mengenal tempat-tempat bersejarah yang ada di
dunia juga dari media elektronik (terutama film) dan media cetak yaitu
buku-buku sejarah.
Khalayak media massa berlangganan surat kabar,
majalah, mendengarkan radio siaran atau menonton televisi karena merekea ingin
mendapatkan informasi tentang peristiwa yang terjadi dimuka bumi, gagasan atau
pikiran orang lain, apa yang dilakukan, diucapkan atau dilihat orang lain.
b. Fungsi
pendidikan
Media massa merupakan sarana pendidikan bagi
khalayaknya (mass education). Karena media massa banyak menyajikan
hal-hal yang sifatnya mendidik. Salah satu cara mendidik yang dilakukan media
massa adalah melalui pengajaran nilai, etika, serta aturan-aturan yang berlaku
kepada pemirsa atau pembaca. Media massa melakukannya melalui drama, cerita,
diskusi, dan artikel.
c. Fungsi
mempengaruhi
Fungsi mempengaruhi dari media massa secara
implisit terdapat pada tajuk/editorial, features, iklan, artikel, dan
sebagainya. Khalayak dapat terpengaruh iklan-iklan yang ditayangkan televisi
maupun surat kabar, seperti contoh berikut: keluarga petani yang hidup di desa
mempunyai kebiasaan mencuci rambut dengan menggunakan air sapu merang rendaman
yang telah dibakar lebih dahulu. Apa yang terjadi setelah keluarga petani
tersebut memiliki pesawat televisi dan menonton tayangan iklan shampoo yang
dibintangi artis favoritnya? Kebiasaan yang sudah berlangsung sejak lama,
sekarang mengalami perubahan. Dari mencuci rambut dengan memakai rendaman air sapu
merang dibakar diganti dengan shampoo yang ada didalam iklan ditelevisi.
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan
Fungsi dari komunikasi massa terbagi atas dua
fungsi yaitu: (a). Fungsi komunikasi massa bagi masyarakat dan (b). Fungsi
komunikasi massa bagi individu.
Adapun pembagian dalam fungsi komunikasi massa
bagi masyarakat adalah sebagai berikut:
1. surveillance (pengawasan)
2. interpretation (penafsiran)
3. linkage (pertalian)
4. transmission
of values (penyebaran nilai-nilai)
5. entertaintment (hiburan)
sedangkan fungsi komunikasi massa bagi individu
yaitu sebagai berikut:
1. Pengawasan
Atau Pencarian Informasi
2. Mengembangkan
Konsep Diri
3. Fasilitasi
dalam Hubungan Sosial
4. Substitusi
Dalam Hubungan Sosial
5. Membantu
Melegakan Emosi
6. Pelarian
Dari Ketegangan Dan Keterasingan
7. Bagian Dari Kehidupan Rutin Atau Ritualisasi
Sedangkan secara umu fungsi komunikasi massa
menurut Onong Uchayana effendi terbagi atas tiga fungsi yaitu:
1. Fungsi
informasi
2. Fungsi
pendidikan
3. Fungsi
mempengaruhi
Demikianlah
penjelasan tentang fungsi-fungsi dari komunikasi massa menurut para ahli ilmu
komunikasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Elvinaro
Ardianto, lukiati komala, siti karlina (Eds). 2007. Komunikasi massa
suatu pengantar. Simbiosa Rekatama Media: Bandung
Nurudin.
2007. Pengantar komunikasi massa. PT RajaGrafindo Persada:
Jakarta
Heru P.
Winarso. 2005. Sosiologi komunikasi massa. Prestasi Pusaka:
Jakarta
https://operadewa.wordpress.com/2012/03/12/fungsi-komunikasi-massa/
https://dadananugrah.wordpress.com/2009/03/28/fungsi-komunikasi-massa/
Komentar
Posting Komentar